Macam-macam hormon pada tumbuhan, fungsi hormon tumbuhan dan contohnya | Materi laporan praktikum hormon dan makalah

Tugasafika.com – halo sahabat afika, kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam hormon pada tumbuhan secara lengkap dan terperinci. Dengan mengetahui letak sumber produksi hormon serta pengaruhnya terhadap suatu bagian tumbuhan, diharapkan kita dapat memahami lebih dalam mengenai mekanisme fisiologis yang terjadi pada tumbuhan yang diakibatkan oleh masing-masing hormon.

Hormon merupakan suatu zat pengatur tumbu berupa molekul organik yang dihasilkan oleh satu bagian tumbuhan kemudian ditransformasikan kepada bagian tumbumbuhan lain yang dipengaruhinya. Hormon dalam konsentrasi rendah akan menimbulakan respon fisiologis pada bagian yang dipengaruhi. Berikut ini adalah macam macam hormon pada tumbuhan:

1). Hormon auksin

Hormon auksin banyak diproduksi pada jaringan meristem tanaman, baik pada ujung batang maupun ujung akar. Auksin yang dihasilkan pada ujung batang akan mendominasi pertumbuhan batang utama, sehingga pertumbuhan cabang relative sedikit. Keadaan ini dikenal dengan istilah dominansi apical (apical dominace). Dengan memotong ujung batang, dominansi apical akan hilang, sehingga  pertumbuhan cabang-cabang batang akan berjalan dengan baik.

Hormon auksin bersifat peka terhadap cahaya, karena auksin akan terurai apabila terkena cahaya. Sebagai contoh bila koleoptil terpapar oleh cahaya dari samping, maka bagian koleoptil yang terkena cahaya auksinnya akan terurai sehingga pertumbuhannya lebih lambat dari pada bagian koleoptil yang tidak terkena cahaya, akibatnya koleoptil akan tumbuh membelok kearah datangnya sinar. Tanaman yang memperoleh terlalu banyak sinar dari satu sisi akan mengalami erubahan-perubahan sebagai berikut :

a. Auksin akan terakumulasi di sisi batang yang tidak terkena sinar.

b. Konsentrasi auksin yang tinggi di sisi yang tidak terkena sinar akan mempercepat pembelahan dan pembentangan sel batang ataupun koleoptil.

c. Pertumbuhan sel yang lebih banyak di sisi tumbuhan yang kurang sinar menyebabkan batang menjadi bengkok sehingga akan terlihat bahwa tanaman tumbuh menuju kearah cahaya.

Fungsi hormon auksin :

- Merangsang pemanjangan sel pada daerah titik tumbuh (ujung batang, tunas, ujung akar)

- Merangsang pertumbuhan akar

- Merangsang pertumbuhan buah tanpa biji

- Merangsang differensiasi jaringan pembuluh

- Merangsang absisi (pengguguran pada daun)

- Berperan dalam dominansi apikal

2). Hormon Gilberelin

Hormon giberelin dapat ditemukan hampir pada semua bagian tanaman, baik akar, batang, daun, bunga, maupun buah.

Fungsi hormon giberelin antara lain :

- Merangsang pemanjangan batang dan pembelahan sel

- Merangsang perkecambahan biji

- Memecah dormansi biji

- Merangsang pembungaan dan pembuahan

3). Hormon Sitokinin

Hormon sitokinin secara umum menyebabkan pertumbuhan tunas-tunas samping (lateral) sehingga tanaman menjadi rimbun. Fungsi sitokinin bersama auksin dan giberelin merangsang pembelahan dan pemanjangan sel.

Fungsi hormon sitokinin antara lain :

- Merangsang dominansi aplikasi oleh auksin

- Merangsang pertumbuhan titik tumbuh

- Mmematahkan dormansi biji serta merangsang pertumbuhan embrio

- Merangsang pembentukan akar, cabang

- Menghambat pertumbuhan akar adventiv

- Menghambat proses penuaan daun, bunga, dan buah dengan cara mengontrol proses kemunduran yang menyebabkan kematian sel-sel daun.

4). Hormon Asam Absisat

Asam absisat  atau sering disebut ABA dapat dihasilkan beberapa bagian tumbuhan seperti pada daun, ujung akar, dan batang serta diedarkan oleh jaringan pengangkut. Biji dan buah juga mengandung ABA dalam jumlah yang tinggi, tetapi tidak diketahui apakah ABA disintesis atau diedarkan ke biji dan buah.

Asam absisat disebut juga “hormon stress” karena memiliki sifat menghambat pertumbuhan tanaman. Pada musim dingin atau musim kering sering merupakan waktu dimana tanaman beradaptasi menjadi dormansi (penundaan pertumbuhan), dimana pada saat ini ABA yang dihasilkan oleh kuncup menghambat pembelahan sel pada jaringan meristem apical dan pada pembuluh cambium, sehingga penunda pertumbuhan primer maupun sekunder.

Fungsi asam absisat antara lain :

- Mengurangi kecepatan pembelahan dan pemanjangan di daerah titik tumbuh

- Memacu pengguguran daun pada saat kemarau untuk mengurangi penguapan air.

- Membantu menutup stomata daun untuk mengurangi penguapan

- Mengurangi kecepatan pembelahan dan pembelahan sel bahkan menghentikannya

- Memicu berbagai jenis sel tumbuhan untuk menghasilkan gas etilen

- Memacu dormansi biji agar tidak berkecambah

5. Gas etilen

Etilen merupakan satu-satunya hormon tumbuhan yang berbentuk gas, tidak berwarna dan berbau seperti eter. Etilen diproduksi  pada ruas-ruas batang, buah yang matang dan jaringan yang menua, misalnya daun-daun yang gugur, pembentukan etilen dipengaruhi oleh O2 dan dihambat oleh SO2.

Fungsi gas etilen :

- Mempercepat pematangan buah

- Menghambat pemanjangan akar, batang, dan pembungaan

- Menyebabkan pertumbuhan batang menjadi kokoh dan tebal

- Merangsang proses absisi interaksi antara etilen dengan auksin

- Memacu proses pembungaan interaksi antara etilen dengan giberelin mengontrol rasio bunga jantan dengan bunga betina pada tumbuhan monoceus

6). Asam traumalin/hormon luka

Asam traumalin adalah hormon yang merangsang sel-sel daerah luka menjadi bersifat meristematik sehingga mampu mengadakan menutupan bagian luka.

7). Hormon kalin

Dihasilkan pada jaringan meristem, memacu pertumbuhan organ tumbuhan. Jenis-jenis hormon kalin yaitu :

- Fitokalin : memacu pertumbuhan daun

- Kaulokalin : memacu pertumbuhan batang

- Rhizokalin : memacu pertumbuhan akar

- Anthokalin : memacu pertumbuhan bunga dan buah

    Begitulah penjelasan mengenai apa saja macam-macam hormon yangterdapat pada tumbuhan, sumber serta fungsi dari masing-masing hormon. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk sahabat afika semuanya. Materi ini dapat juga dijadikan sebagai bahan untuk pembahasan laporan praktikum hormon tumbuhan atau sebagai materi makalah hormon pada tumbuhan. Terimakasih sudah membaca artikel ini.  

Lebih lamaTerbaru

Posting Komentar