Perbedaan pertumbuhan dan perkembngan pada tumbuhan | Materi laporan praktikum dan makalah

Tugasafika.com - hallo sahabat afika! pada materi kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan perumbuhan danperkembangan pada tumbuhan. Pembahasan kali ini akan meliputi pengertian perumbuhan dan perkembangan tumbuhan, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan serta contoh-contohnya.

Pengertian pertumbuhan dan perkembangan

·         Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah proses bertambahnya jumlah protoplasma sel pada suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuran, berat, volume dan jumlah sel yang bersifat irreversibel (tidak dapat balik), hal ini terjadi karena adanya pertambahan jumlah sel dan pembesaran dari tiap-tiap sel. Pada proses pertumbuhan biasa disertai dengan terjadinya perubahan bentuk.

Sifat-sifat pertumbuahan tanaman

1.       Irreversible : tidak dapat kembali/permenen)

2.       Kuantitatif  : perubahan dapat diukur secara kuantitatif

3.       Hanya terjadi pada bagian tertentu

4.       Dipengaruhi oleh hormon auksin dan sitokin                   

·         Perkembangan

perkembangan adalah Proses yang menyertai pertumbuhan yang meliputi terhadap tingkat kematangan suatu mhaluk hidup atau dapatdiartikan suatu proses menuju dewasa. Perkembangan tumbuhan terjadi secara progresif  sepanjang kehidupan suatu organisme, tanpa membedakan aspek-aspek yang terdapat dalam diri organisme tersebut atau terjadi pada seluruh bagian pada tumbuhan.

Sifat-sifat perkembangan tanaman

1.       Reversilble (dapat kembali ke bentuk asli/berubah-ubah)

2.       Kualitatif : proses perkembangan tidak dapat diukur dengan angka

3.       Terjadi pada seluruh bagian tumbuhan

4.       Dipengaruhi oleh semua hormon

Faktor-faktor yang mempengaruhi perumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

·         Faktor Internal

1. Gen

Gen adalah faktor pembawa sifat menurun yang terdapat dalam sel makhluk hidup. Gen bekerja untuk mengkodekan aktivitas dan sifat yang khusus dalam pertumbuhan dan perkembangan.

2. Enzim

Enzim merupakan suatu makromelekul (protein) yang mempercepat suatu reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup. Suatu rangkaian reaksi dalam tubuh makhluk hidup tidak dapat berlangsung hanya melibatkan satu jenis enzim. Perbedaan jenis enzim menyebabkan terjadinya perbedaan respon pertumbuhan terhadap kondisi lingkungan yang sama.

3. Hormon (Auksin, Giberelin, sitokinin, Asam absisat, Etilen, Asam traumalin, Kalin)

Hormon merupakan zat pengatur tubuh, yaitu molekul organik yang dihasilkan oleh satu bagian tumbuhan dan ditransformasikan ke bagian lain yang dipengaruhinya 

·         Faktor Eksternal

1.Air

Pengangut unsur hara dalam proses translokasi unsur hara pada akar menuju seluruh bagian tanaman, air juga merupakan salah satu bahan utama pada proses fotosintesis.

2.Suhu

Suhu udara mempengaruhi kecepatan pertumbuhan maupun sifat dan struktur tanaman. Tumbuhan dapat tumbuh dengan baik pada suhu optimum. Untuk tumbuhan daerah tropis suhu optimumnya berkisar 22-37oC.

3. Cahaya

Cahaya merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam proses fotosintesis. Cahaya memberikan energi yang akan diserap oleh daun untuk menjalankan proses metabolisme tanaman (fotosintesis).

4.Unsur Hara

Hara juga merupakan bahan utama pada proses fotosintesis. Unsur hara yang dibutuhkan tanaman dapat dibagi atas dua kelompok yaitu hara makro dan mikro. Hara makro adalah hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar sedangkan hara mikro dibutuhkan dalam jumlah kecil. Nutrisi yang tergolong kedalam hara makro adalah Carbon, Hidrogen, Oksigen, Nitrogen, Sulfur, Posfor, Kalium, Calsium, Ferrum. Sedangkan yang termasuk golongan hara mikro adalah Boron, Mangan, Molibdenum, Zinkum (seng) Cuprum (tembaga) dan Klor. Jika tanaman kekurangan dari salah satu unsur tersebut diatas maka tanaman akan mengalami gejala defisiensi yang berakibat pada penghambatan pertumbuhan.

5.Tanah

Unsur hara yang dibutuhkan tanaman dapat dibagi atas dua kelompok yaitu hara makro dan mikro. Hara makro adalah hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar sedangkan hara mikro dibutuhkan dalam jumlah kecil. Nutrisi yang tergolong kedalam hara makro adalah Carbon, Hidrogen, Oksigen, Nitrogen, Sulfur, Posfor, Kalium, Calsium, Ferrum. Sedangkan yang termasuk golongan hara mikro adalah Boron, Mangan, Molibdenum, Zinkum (seng) Cuprum (tembaga) dan Klor. Jika tanaman kekurangan dari salah satu unsur tersebut diatas maka tanaman akan mengalami gejala defisiensi yang berakibat pada penghambatan pertumbuhan.

6. Kelembapan

Kelembapan udara dapat mempengaruhi proses traspirasi pada tanaman.

· Contoh pertumbuhan pada tanaman : Pertumbuhan akar primer pada masa perkecambahan, Pertumbuhan Tunas pada ujung batang. 

                                  sumber : freepik.com

Penjelasan : Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi di daerah meristematis (titik tumbuh), yaitu bagian yang mengandung jaringan meristem. Jaringan ini terletak di ujung batang, ujung akar, dan kambium. Aktivitas jaringan meristem yang bila dibandingkan dengan jaringan meristem di kambium. Oleh karena itu pertumbuhan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

·     Contoh Perkembangan pada tanaman : Proses bunting pada malai padi dan proses pembungaan

                        sumber :freepik.com

Penjelasan: Perkembangan pada dasarnya adalah proses lanjutan pada pertumbuhan tanaman dimana pada masa tertentu bagian tanaman akan berkembang menjadi tanaman yang lebih dewasa.

    Baik baik sahabat afika begitulah perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan semoga artikel ini juga membantu sobat semua dalam mengerjakan tugas makalah, laporan praktikum, bahan presentasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman dan fisiologi tanaman. Terimakasih.

Sumber : Bahan ajar Agronomi dasar Universitas Udayana (2016)

 


Posting Komentar